Zakiyy’s Weblog

One of the “He eH” Web-Blog

Menaikkan Performa Suzuki Satria F-150

Artikel ini sebagian besar saya ambil dari Tabloid Otomotif Edisi 39:XVII denga sedikit perubahan.

Untuk menaikkan performa dari suzuki satria F-150 kita dapat menerapkan banyak langkah, seperti:

  1. Mengaplikasi CDI racing
  2. Mengganti knalpot Free Flow
  3. Menaikkan pilot jet/spuyer -> 15, 17.5 (standar 12.5)
  4. Mengganti karburator dengan tipe piston
    • Tipe standar karburator satria F-150 ialah model vakum. Karburator bertipe piston ialah karburator yang gerakan skepnya langsung ditarik kabel gas. Pemasangan karburator ini bertujuan untuk mendapatkan akselarasi motor yang lebih spontan.
      Pada pemilihan karburator cari minimal yang berdiameter venturi sama dengan karburator standar(26 mm) contoh karburator Mikuni VM26 milik Yamaha RX-King, atau kita dapat memasang yang lebih besar sedikit seperti karburator Keihin PE 28mm milik Honda NSR SP.
  5. Menaikkan kompresi mesin
    • Menaikkan kompresi dapat dilakukan dengan cara mengurangi ketebalan paking kepala silinder (cylinder head) atau bisa juga dengan melakukan pemapasan cylinder head sekitar 0,5 mm.
  6. Mengganti gir belakang
    • Dilakukan dengan mengganti jumlah mata gir belakang (standar 43 mata) dengan yang lebih kecil 42/41 mata)
  7. Melakukan porting-polish pada saluran masukkan dan buangan
  8. Mengganti kem berdurasi tinggi

Kamis, 21 Februari, 2008 - Posted by | Motor | , , , , , ,

56 Komentar »

  1. saya punya satria F 2006..yang pertama kali ingin saya modif adalah bagian knalpot….
    a. knalpot itu harus free flow tapi mereknya terserah atau gmana??
    b. kemudian OLI apa yang baik untuk satria F yang memang butuh kecepatan..??

    Komentar oleh pandu | Kamis, 6 Maret, 2008 | Balas

  2. Gw pernah baca ada knalpot model chamber juga seh, bisa naikkin peforma juga, tp nga sebesar free flow,, untungnya model chamber sih suaranya nga berisik,

    Oli yg bgus buat kebut,, hmmm,, klo baca2 dari thread di kaskus buat anak2 satria F150,, ada yg pake motul esther 5100,, ada juga castrol, mobil ekstra 4 tak dll

    maklum newbie juga

    Komentar oleh zakiyy | Sabtu, 8 Maret, 2008 | Balas

    • mau tauk CDI yg bikin motor satrilo>>>…. ngebut carik CDI reaktor andjusetable itu cocok buat satria dikarnaka pengapian satria yg begitubesar?>>>…..

      Komentar oleh hambali | Senin, 9 Mei, 2011 | Balas

  3. saya punya satria f. dan saya mau mengganti cdinya.
    CDI yg bagus Buat Satria f itu mrk cdi apa?.
    KNalpot Dan Pilot jatnya udah saya ganti.
    maka tinggal CDI nya doank

    Komentar oleh indra elfariszy | Selasa, 11 Maret, 2008 | Balas

  4. hmm sorry neh,, gw nga paham2 bener CDI yg bagus paan,,,

    tp yg gw denger sih merk BRT (bintang racing team) mantep juga, merk lain juga banyak kok,, yang produk dari thailand juga banyak,,

    Komentar oleh zakiyy | Sabtu, 15 Maret, 2008 | Balas

  5. klau kanlpot yg bagus dan harga terjangkau merk apa?

    Komentar oleh jayz | Senin, 7 April, 2008 | Balas

  6. hmm sorry neh gw jg nga tau persis knalpot
    yg bgus,, harga sih macem2 500rb an ada, jutaan jg ad
    hehe
    sorry ya
    oh iya klo mau coba aja cari di kaskus,, ada banyak yang nawarin knalpot ko

    Komentar oleh zakiyy | Rabu, 16 April, 2008 | Balas

  7. friends..
    standard aja uda kenceng koq..
    hehe..

    Komentar oleh cibz | Rabu, 30 April, 2008 | Balas

  8. Bro kalau mau coba CDI racing yg murah & programable dgn harga dibawah 4

    Komentar oleh Ryo | Sabtu, 10 Mei, 2008 | Balas

  9. sorry, sy baru beli satria f nya nie. yg warna merah baru. 2008. masih awam sm satria. mau nanya untuk siapa aja yg tau. kL garpu depan FU mau di turunin dikit, ada efek samping nya ga y… tp original nya FU c udh kren bgt. tp pengen nyoba di modif gaarpu depan nya. thank you..

    Komentar oleh nutnur_sein | Sabtu, 28 Juni, 2008 | Balas

  10. Hai.,.,
    Gmn yA cRanYa SatRiA F kU bsA iRit???
    CoZ klw pke’ pErtAmAx BorOs bnGEttZz

    Komentar oleh Iano | Senin, 7 Juli, 2008 | Balas

  11. mas dari beberapa tips yang mas sa,pekan di atas..konsekuensi yang bakal kita dapet apa aja??
    maksudnya berasal dari mesin…( mungkin mesin bakal cepet apa kek ato sbg)
    terimakasih mas…

    Komentar oleh ferry | Kamis, 10 Juli, 2008 | Balas

  12. Kalo menurut gw
bs dgn ganti knalpot racing
Cdi unlimiter,truz saringan
filter angin dibuang aja
setelan angin kasih 3/4
putaran ja ga lebih dari 1 loh
it udah naikin 2,5 dk dr 16,8
totalnya 19,3 dk mantap
bung kl msh kurang naikin
kompresi Ok

    Komentar oleh Barry84 | Kamis, 17 Juli, 2008 | Balas

  13. bos satria F q ……. supaya tambah kencang apanya ya ..

    dan semuanya udah diganti . sepuyer dan cdi nya …

    Komentar oleh h.arey | Sabtu, 1 November, 2008 | Balas

  14. Klo mau nurunin garpu dpan fu efek smping ke motor sih ga ada,cma posisi riding fu kan dah ngebungkuk dr sonox,so klo di trunin lg jd tmbah bungkuk deh,tp trssah dr yg pny aja sih,klo siap nerima efek smpingx,silakan nurunin… Gw jg udah nurunin kok n mnurut gw ga msalah kok…

    Komentar oleh FuBoyZ | Minggu, 2 November, 2008 | Balas

  15. satria gw knp y suka bunyi ky knalpot bocor.tp ga bocor.gw pke kabu puny rxz tp inteknya ga gw cuner jd posisi karbu ga gt msuk.ada yabg mau ksh zolusi?

    Komentar oleh eza | Selasa, 11 November, 2008 | Balas

  16. satria gw knp y suka bunyi ky knalpot bocor.tp ga bocor.gw pke kabu puny rxz tp inteknya ga gw cuner jd posisi karbu ga gt msuk.ada yabg mau ksh zolusi?

    Komentar oleh eza | Selasa, 11 November, 2008 | Balas

  17. halo bos ………
    gue punya FU baru
    menurut gue secara keseluruhan ud ok
    tapi kok mesin cepet banget panas ya?
    punya kalian cepet panas juga gak?

    Komentar oleh GaPunyaNama | Minggu, 23 November, 2008 | Balas

    • emang panas kali

      banget malahan

      kaki juga ampe kerasa panas

      Komentar oleh zakiyy | Minggu, 7 Desember, 2008 | Balas

  18. Bung kalo satria f pake knalpot hung, cdi brt yg dualband, karbu nsr sp, and filter racing tambah ngacir ga’…..,tapi tu satria borozz ga’…..???????

    Komentar oleh swn | Rabu, 26 November, 2008 | Balas

    • knalpot hung yang kaya apa tuh??

      udah ngacir lahh,, broo
      klo mau karbu di open aja, tp harus lebih sering di servis ringan

      lu pake kebut2an yaa boros,, lu pake ngga geber2 irit kok,, 1:38 gw dapet

      Komentar oleh zakiyy | Minggu, 7 Desember, 2008 | Balas

  19. gw pny satria fu thn 2008, yg pgn gw tnyain Top speedny brp? n knsumsi bhan bkar prlter brp km? soalny mtr gw broz bgt. 1:20. keadaan mtr msh standar. thanks…

    Komentar oleh eko | Jumat, 19 Desember, 2008 | Balas

    • top speed,, standar sih 130++ bisa kok,

      konsumsi bahan bakar,,yaaa rata2 1:30 lah,, tp kondisi mesin STD sih 1:35 juga biasa aja kok

      safety riding ya boz

      Komentar oleh zakiyy | Kamis, 25 Desember, 2008 | Balas

  20. karburator NSR SP pj42 mj 120, CDI BRT dualband, porting polish, bu2t head cylinder 1,5mm, per klep kitaco, piston scorpio, noken HRP, kampas kopling daytona, per kopling HRP, knalpot HRP seri PON, sproket 13-45,.
    boros ga boros tergantung yg bawa,kalo suka geber2 motor seirit apapun jd boros juga. limiter mesin bukan di CDI lagi,tapi di hati. kalo brani buka gas smp mentok,jarak 200 meter bisa 7,5 detik. topspeed 170an. kalo berani,monggo di cobaresepnya,,,

    Komentar oleh fu kenceng | Minggu, 21 Desember, 2008 | Balas

    • waduh2 racun tingkat tinggi nih

      Komentar oleh zakiyy | Kamis, 25 Desember, 2008 | Balas

  21. hahahah fu gw berlari 105km/jam..lebih dari itu ngeri gw d jalan raya soalnya sehhh heheheheei

    Komentar oleh Liat kenyataan aja donk | Kamis, 1 Januari, 2009 | Balas

  22. Satria f azzipph tenan,

    Komentar oleh Renz | Sabtu, 3 Januari, 2009 | Balas

  23. FU150 th2006 standar.. top speed 142 km/h, itu juga lama bgd naiknya di gigi6..

    ada yg bilang gigi6 satria F cuman “hiasan doang” soalnya nariknya lama++ tp gear5 bisa 135 km/h @11000 rpm..

    kalo ada yg udah pernah ganti karbu satria F jd PE28 NSR SP kasih review donk + harga.. motor standar cuman ganti step underbone.. pengen nambah performa..

    ban IRC licin..

    Komentar oleh Andira Muttakim | Kamis, 8 Januari, 2009 | Balas

  24. To: Websites administrator.
    Re: Replacement of domain http://www.ui.edu to http://www.ui.ac.id

    Dear Sir,
    Greetings from the university of Indonesia.
    I would like to inform you that from August 2008, the University of
    Indonesia (Universitas Indonesia) has changed its web domain and returned
    to http://www.ui.ac.id , based on the consideration that we use Indonesia (id)
    domain.

    We notice that in your web you have a link to our domain and would be very
    grateful if you could change the link in your web to http://www.ui.ac.id to point
    to our university.
    We appreciate you eagerness to collaborate with us, and look forward for
    further collaborative work with University of Indonesia’s member.

    Yours Sincerely

    Riri Fitri Sari
    CIO/ Head of Information Systems Development and services of the
    University of Indonesia
    7th floor Kampus Baru UI Depok 16424 Indonesia
    riri@ui.ac.id

    Komentar oleh riri | Kamis, 8 Januari, 2009 | Balas

  25. CDI pke rextor yg adjustable uda mantap.. knalpot AHRS yg oval… stang jgn terlalu pendek tar plat pegangan NO POL natap ke spakbor depan.. kompresi naekin (lepas paking head cop)… kl karbu masi pake MikuniBS26 ganti pilot 17.5(punya shogun lama) tp main jet tetep 110.. itu harus lepas filter.. gear ganti 45/13..

    kl mo extreme lg.. ganti blok na raider 125 tp sher scorpio… ma naekin bandul kruk as..

    Komentar oleh anoez | Sabtu, 28 Februari, 2009 | Balas

  26. Bro napa indikator bBM fu gw ngaCO?msk minyak full tpi indikator na l0w. . ?

    Komentar oleh Fathoer | Jumat, 6 Maret, 2009 | Balas

  27. BOZZZZZ
    W Punya motor satria 2008, baru dua bulan gir pompa olinya retak dan ga centris. dah w ganti efeknya berisik di rante keteng and gampang panas

    thank

    Komentar oleh anjar | Jumat, 13 Maret, 2009 | Balas

  28. apa sich yaNG bunyi kecek-kecek di mesin fu saya,,,n satu lagi, kalo di bawa star ko bisa los alias seperti ada yang lepas ketika koplingnya belom di lepas betul alias masih di tekan separo..apa ya penyakitnya,, apa ada yang salah atau sudah rusak di putaran mesinnya,soalnya hampir tiap malam di bawa ngeBali..
    mkacih…

    Komentar oleh rizky | Selasa, 7 April, 2009 | Balas

  29. g ada fu 2009 knalpot pk nmf carbon, performa lumayan sih.
    menurut gw kl mau ningkatin performa ganti karbu nsr sp aja trus bubut slinder 0,5 trus pk cdi racing, tapi kalo murah pk cdi shogun 110 aja..

    Komentar oleh pitheak | Selasa, 14 April, 2009 | Balas

    • NMF carbon harganya berapa bro??

      Komentar oleh striders | Sabtu, 27 Juni, 2009 | Balas

  30. gw punya satria f tahun 2005,trus cdi yg bgus biasany pke apa?sma lariny enkkn pke karburator rx-king atau honda nsr sp?

    Komentar oleh jendro | Sabtu, 9 Mei, 2009 | Balas

    • kalok menurut gw sop mendingan pake yg punyanya honda NSR sp karna lebihbeasar tenaganya dr pd karbur RX-king?……..

      Komentar oleh hambali | Senin, 9 Mei, 2011 | Balas

    • kalok menurut gw sop mendingan pake yg punyanya honda NSR sp karna lebihbeasar tenaganya dr pd karburator RX-king?……..

      Komentar oleh hambali | Senin, 9 Mei, 2011 | Balas

  31. g punya satria f tahun 2009,masif stndar n gue dah beli cdi i-max yang 24 step ma karbu keihin pe 28,gue mau nanya,setingngan karbu yang pas berapa untuk standar n cdinya pakai step brapa???

    thx……………

    Komentar oleh karang | Minggu, 10 Mei, 2009 | Balas

  32. g punya satria f tahun 2009,masif stndar n gue dah beli cdi i-max yang 24 step ma karbu keihin pe 28,gue mau nanya,setingngan karbu yang pas untuk standar n cdinya pakai step brapa???

    thx……………

    Komentar oleh karang | Minggu, 10 Mei, 2009 | Balas

  33. g punya satria f tahun 2009,masif stndar n gue dah beli cdi i-max yang 24 step ma karbu keihin pe 28,gue mau nanya,setingngan karbu yang pas untuk mesin standar n cdinya pakai step brapa???

    thx……………

    Komentar oleh karang | Minggu, 10 Mei, 2009 | Balas

  34. eh motor w satria f 2009

    tapi kok agak plan

    kalo ganti cdi aja nambah kenceng ga?

    ganti apa aja biar nambah kenceng?

    tpi yang simple2 aja ya

    Komentar oleh shit | Jumat, 15 Mei, 2009 | Balas

  35. om saya mau tanya mau pake gir belakang 41 tp ban saya lumayan besar bisa ga ban depa 80/90 belakang 80/100 bisa ga thx

    Komentar oleh sulton | Rabu, 20 Mei, 2009 | Balas

  36. kalo buat harian mendingan ganti knalpot,karbu sama CDI aja
    spek kaya gitu lawan RX-King juga bejaban,,,asal RX-King standart lho!!!

    kalo knalpot bisa ambil endurance harganya 750K atau AHRS Pon series
    karbu pake rx-king aja harga 400k filter masih bisa kepake..
    trus knalpot bisa cdi pake BRT single band,,kalo dual band bayak yang review sama aja kalo saklarnya diaktifkan

    Komentar oleh striders | Sabtu, 27 Juni, 2009 | Balas

  37. cdi mobil dnger na bsa di mdifkasi bwt satri f ya?

    Komentar oleh ary | Rabu, 2 September, 2009 | Balas

  38. Kalo paking silinder head dikurangi atau silinder head di papas 0,5mm perbandingan kompresinya jadi berapa? mohon penjelasanya.
    Matur nuwun.

    Komentar oleh Mas Tohir | Sabtu, 26 Desember, 2009 | Balas

  39. fu gw terkencang di medan top speed nya 204 km/jam
    gw abis 10 jutaan
    tp gk bisa buat pake harian lg
    hehehe
    maju terus fu

    Komentar oleh havri | Minggu, 28 Februari, 2010 | Balas

    • beneran nih? tau dari mana 204km/jam? pake GPS? spido aja mentok di 160km/jam

      Komentar oleh zakiyy | Kamis, 3 Juni, 2010 | Balas

  40. so guys para pemilik FU 150,, w awam banget nich so mau tanya yg senior2,, dari segi mesin apa ada beda F150 sama fu150 ??

    w liat emang lebih keren FU150 yg sekarang,, em dan apa kelemahan terbesar yg pernah dialami para senior SATRIA FU

    thanks

    Komentar oleh Voting | Rabu, 10 Maret, 2010 | Balas

    • sepengetahuan gw mesinnye sama2 aja.. beda ada tambahan sensor rpm aja, knaplot, n batok

      Komentar oleh zakiyy | Kamis, 3 Juni, 2010 | Balas

  41. kalo gw mw ganti cdi ntuh pke BRT yg hyper ATW yng DUAL y.?

    Komentar oleh ival | Senin, 14 Juni, 2010 | Balas

  42. Satria fu pakai karburator NSR SP tambah boros dari karburator standartnya apa tdk? perbandingan borosnya berapa ?

    Komentar oleh Dian | Kamis, 26 Agustus, 2010 | Balas

  43. ikut nyambung sob🙂
    q pny dua mtor fu,
    thailan & indo
    thailan q pake
    wat blp liar vs patroli gt.
    lumayan lah ..
    karbu q pke PE 28 mm
    CDI q pke BRT dual band
    tingkatin kompresi dkit
    oli q pke ENDURO 4T
    wew polisi di jamin kaga bisa ngejar sob😀

    Komentar oleh Ʀ | Jumat, 26 November, 2010 | Balas

  44. q punya satria fu 2005 kok malas hidup trus low lpas gas brebet brebet g2 n saat gas d putar keras skali….

    Komentar oleh ikbal | Sabtu, 14 April, 2012 | Balas

  45. terimakasih atas informasinya bang,,
    langsung saya praktek ..🙂

    Komentar oleh insomnia | Rabu, 2 Mei, 2012 | Balas

  46. mantabbhh infonya gan.
    langsung ke TKP ..🙂

    Komentar oleh asma | Rabu, 2 Mei, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: