Zakiyy’s Weblog

One of the “He eH” Web-Blog

Dasar-Dasar Jaringan Komunikasi

Tugas Tambahan

Jelaskan yang dimaksud dengan ftp, http & https, tuliskan perbedaanya!

FTP:

File Transfer Protocol (FTP) digunakan secara umum pada Application layer protocol. FTP dikembangkan untuk transfer file antara client dan server. Sebuah FTP client merupakan sebuah aplikasi yang jalan pada sebuah komputer yang digunakan untuk push and pull file dari sebuah server dengan FTP daemon (FTPd).

FTP memerlukan dua koneksi antara client dan server: yang satu untuk commands dan replies, sedangkan yang lainnya untuk aktual file transfer. Client membentuk koneksi pertama ke server dengan TCP port 21. Koneksi ini digunakan untuk kontrol traffic, client commands and server replies. Client melakukan koneksi kedua terhadap server dengan TCP port 20. Koneksi ini untuk aktual file transfer dan dibentuk setiap saat ketika file ditransfer. Transfer file dapat terjadi dalam pada salah satu arah. Client dapat men-download (pull) sebuah flle dari server atau client dapat meng-upload (push) file ke server.

http dan https:

Hypertext Transfer Protocol (HTTP), merupakan salah satu protocol dalam TCP/IP, yang semula dikembangkan untuk mem-publish dan mendapatkan kembali halaman HTML dan sekarang digunakan untuk mendistribuksikan dan mengkolaborasikan system informasi. HTTP digunakan untuk transfer data WWW dan merupakan salah satu dari aplikasi protokol yang paling banyak digunakan. HTTP menentukan request/response protokol. Ketika client, khususnya sebuah web browser, mengirimkan sebuah pesan request message ke server, protokol HTTP mendefinisikan jenis pesan dari client yang digunakan untuk request halaman web dan juga tipe pesan yang digunakan server untuk merespon. Tiga jenis tipe pesanyang umum digunakan adalah GET, POST, dan PUT.

GET adalah sebuah client request untuk data. Web browser mengirimkan GET message untuk meminta halaman dari sebuah web server. POST dan PUT digunakan untuk mengirimkan pesan yang merupakan proses upload data ke web server. Sebagai contoh, ketika user memasukkan data dalam sebuah form embedded dalams ebuah web, POST For example, when the user enters data into a form embedded in a web page, POST memasukkan data tersebut dalam pesan yang terkirim ke server. PUT meng-upload resources atau content ke web server.

Meskipun terkesan fleksibel, tetapi HTTP bukanlah protokol yang aman (secure). Pesan POST meng-upload informasi ke server dalam plain text yang dapat ditangkap dan dibaca. Sama halnya dengan respon dari server, cirri khas halaman HTML, juga tidak dienkripsi.

Untuk komunikasi yang aman melewati Internet, protokol Secure HTTP (HTTPS) digunakan untuk mengakses atau memposting informasi web server. HTTPS dapat menggunakan authentikasi dan enkripsi untuk mengamankan data pada perjalannya antara client dan server. HTTPS menentukan penambahan aturan untuk melewatkan data antara Application Layer dan Transport Layer.

Jelaskan kegunaan dari port addressing!

untuk membedakan segmen dan datagram untuk setiap aplikasi, antara TCP dan UDP memiliki header fields yang unik adalahport numbers. Dalam header untuk tiap segmen atau datagram, terdapat sebuah “source” dan “ destination” port. Source port number adalah nomor yang berkaitan dengan aplikasi mula-mula pada local host. Destination port number adalah nomor yang berkaitan dengan tujuan dari aplikasi yang terletak pada remote host.

Sebagai contoh, sebuah halaman web HTTP melakukan request yang dikirimkan ke web server (port 80) yang berjalan pada sebuah host dengan Layer 3 IPv4 address dari 192.168.1.20 akan mencapai ke 192.168.1.20:80.

Jelaskan mengenai client-server model, peer to peer model dalam jaringan computer!

peer to peer adalah model jaringan computer yang memungkinkan seorang user membagi sumber dayanya yang ada di komputernya, baik itu file data, printer, dan lain-lain dan mengakses sumber daya yang terdapat dalam komputer lain. Namun model ini tidak mempunyai sebuah file server atau sumber daya yang terpusat,seluruh komputer mempunyai kemampuan yang sama untuk memakai sumber daya yang teresdia di jaringan. Model ini didesain untuk jaringan berskala kecil dan menengah.

Client Sever adalah model jaringan yang memungkinkan jaringan untuk mensentralisasi fungsi dan aplikasi kepada satu aau dua dedicated file server. Sebuah file server menjadi jantung dari keseluruhan system, memungkinkan untuk mengakses sumber daya dan menyediakan keamanan.

Proxy Server dan Kegunaannya

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Konfigurasi DHCP pada system Open Source

Instalasi DHCP Server

DHCP Server berfungsi untuk memberikan IP address secara automatis ke mesin-mesin di Jaringan LAN. Tentunya mesin di LAN tersebut harus di set agar IP address automatic.

Instalasi DHCP Server di Ubuntu

# apt-get install dhcp3-server

Dalam mengkonfigurasi DHCP Server, kita biasanya membutuhkan informasi * DNS Server, misalnya, 202.134.2.5, 203.130.196.5

* Gateway / router, misalnya, 192.168.0.1

* Range alokasi IP address, misalnya, 192.168.0.100 s/d 192.168.0.200

* subnet, misalnya, 192.168.0.0

* netmask, misalnya, 255.255.255.0

Format Konfigurasi dhcpd.conf

# vi /etc/dhcp3/dhcpd.conf

Isinya kira-kira sebagai berikut

ddns-update-style none;

authoritative;

default-lease-time 86400; # 24 jam

max-lease-time 172800; # 48 jam

option domain-name “warnet.net”

option domain-name-servers 202.134.2.5, 203.130.196.5;

atau menggunakan OpenDNS

option domain-name-servers 208.67.222.222, 208.67.220.220;

subnet 192.168.0.0 netmask 255.255.255.0 {

range 192.168.0.100 192.168.0.200

options routers 192.168.0.1;

}

Restart DHCP Server

# /etc/init.d/dhcp3-server restart

DHCP Server Dengan Beberapa LAN Card

Jika kita memiliki beberapa LAN card, kita harus memberitahu LAN card mana saja akan di aktifkan DHCP Server tersebut. Edit file /etc/default/dhcp3-server

# nano /etc/default/dhcp3-server

Misalnya kita ingin mengaktifkan DHCP Server pada interface eth0, eth1, dan wlan0, maka isi file dhcp3-server dengan perintah

INTERFACES=”eth0 eth1 wlan0″

Default DHCP Server akan menggunakan LAN card pertama, biasanya eth0.

Fungsi CPanel

Cpanel ialah control panel web-hosting web berbasis grafis yang didisain untuk memudahkan proses administrasi dari website-website. CPanel mengendalikan aspek-aspek administrasi website dalam interfacenya. Software Cpanel didistribusikan oleh cPAnel Inc. Cpanel didisain untuk digunakan oleh servis web hosting komersial dan memerlukan pembayaran lisensi perbulannya.

1) E-MAIL:

Ø Pengelolahan Account E-Mail (untuk menambah, menghapus, mengedit atau mengubah password)

Ø 3 Webmail untuk masing-masing alamat email. Webmail adalah software E-Mail yang memungkinkan untuk membaca email di mana & kapan saja: di rumah, di kantor atau di mana saja. Kami menyediakan 3 Web Mail yang paling popular: NeoMail, Horde & Squirrel Mail.

Ø POP3 Account untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail POP3 yang dapat digunakan di Outlook Express

Ø E-Mail Forwarding untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail forwarding. Sehingga dapat mengalihkan misalnya email: sales@domain.com ke agus@domain.com & andi@domain.com, dstnya.

Ø Auto Responder untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail Auto Responder yang dapat digunakan sebagai jawaban otomatis.

Ø Mailing List untuk membuat grup diskusi seperti http://www.yahoogroups.com.

Ø Custom mail filtering

Ø DNS/MX Management untuk mengubah DNS, MX, CNAME, dll. Sangat diperlukan apabila menggunakan web mail gratis seperti Gawab.com, BigMailBox.com atau OemMail.com.

Ø Domain Forwarding untuk mengalihkan semua email dari domain yang satu ke domain yang lain. Sebagai contoh: jika ingin mengalihkan email dari toko.com ke rumah.com, maka semua email yang dikirim ke nama@toko.com akan dikirimkan ke nama@rumah.com (misalnya: agus@toko.com akan dikirimkan ke agus@rumah.com).

Ø Default Address Manager yang memungkinkan untuk mengalihkan semua alamat email yang belum dibuat ke 1 alamat email. Sebagai contoh: apabila hanya membuat “agus@domain.com”, maka semua email yang dikirimkan ke apasaja@domain.com (selain agus@domain.com) akan ditampung di dalam 1 mailbox (misalnya di: default@domain.com)

Ø Catch All yang dapat digunakan agar apasaja@domain.com dikirimkan ke salah satu mailbox utama.

Ø POP3 Mail Password Changer untuk mengubah password POP3 Email sendiri tanpa harus menghubungi webmaster/admin.

2) SITE TOOLS:

Ø File Manager untuk meng-upload, mengedit, menghapus, memproteksi & mengubah permission file .

Ø Change Password untuk mengubah password website & Frontpage , tanpa perlu menghubungi kami.

Ø Install/Uninstall FrontPage Extensions.

Ø General Account Information untuk melihat jumlah space website, space database, bandwidth, mailing list & subdomain yang masih tersedia. Sehingga dapat menentukan kapan harus meng-upgrade paket hosting .

Ø General Server Information untuk melihat versi Operating System, apache, php, database, perl & module, sendmail, bind & ftpd.

Ø Custom Error Pages untuk mengatur halaman apa yang akan ditampilkan jika link website salah (Error 404) atau jika script error. (Error 500)

Ø Redirects untuk mengalihkan alamat website, misalnya pengunjung masuk ke http://www.domain.com/divisi secara otomatis akan dialihkan ke: http://www.divisi.com

Ø Image Manager berfungsi untuk membuat thumbnail foto (foto ukuran kecil), mengubah ukuran foto dan mengubah foto dari format satu ke yang lain.

Ø MIME Types Manager

Ø Apache Handlers

3) FTP (UPLOAD/DOWNLOAD):

Ø FTP Accounts Manager untuk menambah, menghapus & mengganti password FTP.

Ø Anonymous FTP controls untuk membuat public access FTP.

Ø Anonymous FTP Message

Ø FTP Sessions Control

4) PROTEKSI AKSES FILE & E-MAIL:

Ø ClamAV Virus Scan, anti-virus yang berfungsi untuk menganalisa E-Mail, home directory , isi website dan Public FTP .

Ø Spam Filtering (Spam Assassin) untuk mengontrol email spam yang masuk ke mailbox .

Ø Box Trapper berfungsi untuk menangkal e-mail dari pengirim yang tidak ada di white list (pengirim tidak kenal atau sering juga disebut spam). Dengan adanya Box Trapper, sebelum pengirim (yang tidak ada di White List ) dapat mengirimkan sebuah email, pengirim diharuskan untuk membalas email verifikasi yang dikirimkan secara otomatis oleh account email .

Ø Web Protect (.htaccess editor) untuk memproteksi folder tertentu di website dengan menggunakan “username” dan “password” tertentu.

Ø Leech Protect berfungsi untuk memproteksi “Web Protect” di atas. Apabila memberikan username dan password folder tertentu (misalnya http://domain.com/folder) kepada teman dan kemudian teman memberikan username + password tersebut secara terbuka ke publik (misalnya ke forum atau mailing list), maka kemungkinan Leech Protect ini dapat membantu . dapat menentukan berapa jumlah pengguna yang diizinkan untuk masuk dengan username & password tersebut dalam waktu 2 jam (misalnya 2 pengguna). juga dapat mengatur agar mendapatkan email peringatan setiap kali ada lebih dari 2 pengguna yang mencoba masuk menggunakan username dan password tsb. juga dapat menentukan ke alamat apa pengguna tersebut akan dialihkan.

Ø Hot Link Protection memungkinkan untuk menentukan file dengan extension apa (misalnya .jpg) yang tidak dapat di-Direct Link oleh website lain (Direct Link = file dapat didownload secara langsung dari website lain tanpa harus membuka HTML website ). Website lain masih tetap dapat mengakses file-file yang lain misalnya file dengan extension: .html, .php dan sebagainya, tergantung bagaimana setup .

Ø IP Deny Manager berfungsi untuk menentukan IP Address apa yang tidak izinkan untuk mengakses website . Sangat berguna untuk melindungi privacy .

Ø Index Manager berguna untuk menghidupkan (on) dan mematikan (off) fungsi “indexes” dalam sebuah folder. Jika fungsi indexes dalam sebuah folder dimatikan (off), maka pengunjung tidak dapat melihat file-file yang terdapat dalam folder tsb(folder yang tidak memiliki file index, misalnya index.html)

5) STATISTIK/COUNTER (ANALISA PENGUNJUNG SITUS):

Ø Web Statistik Webalizer untuk menganalisa jumlah pengunjung website secara detail. Perhari, perbulan, masuk dari website mana, dari negara apa dan masih banyak lagi. Bukan hanya sekadar counter biasa.

Ø Statistik FTP untuk menganalisa aktivitas user FTP di account .

Ø AWStats, software lain untuk menganalisa jumlah pengunjung website secara detail. Alternatif lain bagi yang merasa kurang nyaman dengan Webalizer.

Ø Statistik Analog, software tambahan untuk menganalisa jumlah pengunjung website . Namun dengan versi yang lebih sederhana dan mudah dibaca.

Ø Statistic Subdomain untuk menganalisa jumlah pengunjung di subdomain website .

Ø Latest Visitors untuk menampilkan 300 pengunjung terakhir di website dan beberapa informasi yang menarik tentang mereka.

Ø Bandwidth Usage untuk mengetahui berapa bytes yang telah ditransfer oleh website .

Ø Error Log untuk menampilkan pesan error yang ditimbulkan website , misalnya file foto yang tidak tampil, file yang hilang dan sebagainya. Sangat berguna bagi yang menggunakan bahasa programming seperti CGI Scripts, PHP dan sebagainya.

Ø Raw Access Logs untuk mendownload raw log website .

6) BACKUP:

Ø Backup terdiri dari: Full Backup, Home Directory Backup & Database backup. Kini dapat memiliki backup website di harddisk computer rumah !

Ø Restore untuk mengembalikan backup yang ada pada computer ke website . Backup dan Restore website dapat lakukan sendiri dengan mudah dan praktis, kapan saja. Keamanan data website lebih terjamin dan ada di tangan .

7) PHP/CGI AUTO-INSTALLER : Memungkinkan untuk menginstalasi script berikut ini hanya dalam hitungan detik dan hanya dengan 1 click (tanpa harus mengedit file apapun)

Ø phpBB forum (Bulletin Board) untuk menampilkan forum diskusi di website , sehingga pengunjung dapat berinteraksi di website .

Ø Agora Shopping Cart berfungsi untuk mengelola keranjang belanja pengunjung website sehingga product lebih mudah dipilih dan dibayarkan.

Ø Simple Guestbook untuk buku tamu yang sederhana.

Ø Advanced Guestbook untuk buku tamu yang lebih besar, dijalankan dengan PHP & mySQL Database.

Ø Counter website untuk menampilkan jumlah pengunjung di website .

Ø Form Mail yang memungkinkan pengunjung mengisi sebuah form di website , kemudian pesan tsb akan diconvert menjadi email dan dikirimkan ke alamat email (pengunjung tidak perlu mengetahui alamat e-mail )

Ø CGI Email, software alternatif. Hampir sama dengan Form Mail di atas.

Ø Banner Rotator berfungsi untuk menampilkan iklan banner secara random (otomatis berganti) di website .

Ø HTML Chat untuk menambahkan fasilitas chat di website .

Ø PhpMyChat untuk menambahkan fasilitas chat di website , namun didukung oleh mySQL database.

Ø Random HTML Generator untuk menampilkan pesan/text secara random(otomatis berganti) pada website . Misalnya untuk membuat: “Tips Hari Ini” atau “Humor Hari Ini”.

Ø Real Time Java Clock untuk menampilkan jam secara “live” pada website .

Ø Countdown Date untuk menampilkan jam mundur sampai dengan waktu yang ditentukan .

Ø Entropy Search berfungsi untuk menampilkan fasilitas search engine di website

Ø CGI Wrapper untuk instalasi non-suexec

8) DATABASE MANAGEMENT:

Ø MySQL Databases Manager untuk create/modify/drop/insert tables di database !

Ø Akses phpMyAdmin

9) SUBDOMAINS:

Ø Sub Domain Manager untuk menambah & menghapus subdomain (http://namasubdomain.domain.com). Masing-masing dilengkapi dengan password FTP upload tersendiri.

Ø Subdomain Redirects berfungsi untuk mengalihkan suatu subdomain ke website lain. Misalnya http://namasubdomain.domain.com dialihkan ke http://domainlain.com

Ø Statistic Subdomain untuk menganalisa jumlah pengunjung di subdomain website .

10) ADVANCED TOOLS:

Ø Akses SSH, hampir sama dengan telnet namun terenkripsi. Lebih aman daripada akses telnet biasa. Umumnya sangat berguna untuk web programming dan instalasi scripts. Sementara ini account ssh tidak dapat digunakan untuk keamanan server

Ø PGP Keys Manager

11) NETWORK TOOLS:

Ø DNS Lookup

Ø Traceroute untuk check domain, IP, ping, whois, DNS records dan sebagainya.

Perbandingan Web Browser

Web browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen (text, video, audio, games dan lain-lain) yang disediakan pada halaman Web sebuah website dalam World Wibe Web atau Jaringan lokal. Browser yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Text dan Images pada suatu web bisa memuat hyperlinks ke halaman-halaman Web lain pada Website yang sama maupun yang berbeda. Web Browser memudahkan user untuk mengakses informasi yang disediakan halaman website secara mudah dan cepat dengan melintasi link tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui, banyak fitur yang tidak dimiliki Internet Explorer 6.0 jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox dan Opera. Yang paling jelas terlihat adalah tab browsing dan built-in search engine. Lalu Internet Explorer 7.0 mulai “ikut-ikutan” dengan menambahkan tab browsing dan built-in search engine, seperti Mozilla Firefox dan Opera 9.00. Bahkan Netscape yang dimiliki AOL diam-diam meluncurkan versi 8.0 nya dan juga memiliki tab browsing.

Berikut ini adalah rangkuman perbandingan 3 browser tersebut.

Fitur

Firefox 2.0

Internet Explorer 7

Opera 9.00

Tab Browsing

Ya

Ya

Ya

Add-Ins

Ya

Ya

Widget

Theme

Ya

Tidak

Ya

Built-in search engine

Ya

Ya

Ya

Pop-up blocker

Ya

Ya

Ya

Anti-Pishing

Ya

Ya

Ya

Satu kali klik tombol untuk bookmark

Tidak

Ya

Tidak

RSS reader

Ya

Ya

Ya

Download manager

Ya

Tidak

Ya

Dapat mengingat tab browser

Ya

Ya

Ya

Versi Mac/Linux

Ya/Ya

Tidak/Tidak

Ya/Ya

Bit-Torent Client

Tidak

Tidak

Ya

Built-in spell checker dalam textbox

Ya

Tidak

Tidak

Download pause

Ya

Tidak

Ya

Diambil dari http://www.pcmag.com

Lalu mana browser yang terbaik? Internet Explorer 7.0, Mozilla Firefox 2.0, atau Opera 9.00 ?

Speed

Banyak pihak yang mengklaim bahwa browsernya-lah yang paling cepat. Opera mengklaim bahwa Opera adalah Browser tercepat di dunia. Mozilla mengklaim bahwa Mozilla Firefox versi 1.0 memberi keleluasaan untuk browsing lebih cepat (lebih cepat dari apa?). Kebanyakan dari pengguna Internet Explorer mengatakan bahwa mereka menggunakan Internet Explorer karena kecepatannya dalam membuka halaman web. Diambil dari http://www.howtocreate.co.uk, telah dilakukan tes untuk menguji kecepatan beberapa browser dengan menggunakan komputer yang sama pada platform yang berbeda (Linux, Mac, dan Windows).

Browser name

Cold start

Warm start

Rendering CSS

Rendering table

Script speed

Multiple images

History

Opera 6.03

6.10

2.60

0.47

0.67

115

2.32

55

Opera 7.54

11.67

5.04

0.65

1.34

16

2.42

28

Opera 8.0

5.80

4.27

0.86

1.32

10

1.82

17

Opera 9.01

5.75

4.60

0.68

1.14

10

1.54

9

Mozilla 1.0

8.50

3.37

66.08

2.00

128

2.35

42

Mozilla 1.8

7.97

2.88

1.63

1.74

26

2.37

47

Tabel perbandingan kecepatan (OS : Linux, dalam detik)

Browser name

Cold start

Warm start

Rendering CSS

Rendering table

Script speed

Multiple images

History

Internet Explorer 5.2

3.87

3.65

6.12

3.20

128

1.96

73

Opera 6.03

14.93

6.52

2.98

1.77

74

2.54

98

Opera 7.54

6.94

6.13

1.78

1.75

36

1.41

23

Opera 8.0

5.75

5.47

1.71

1.31

22

1.33

16

Opera 9.01

4.50

3.29

1.77

1.30

22

1.30

8

Firefox 1.5

24.58

6.14

3.04

1.94

40

1.48

45

Firefox 2.0

16.83

6.18

2.97

1.92

43

1.58

53

Tabel perbandingan kecepadan (OS : Mac OS X, dalam detik)

Browser name

Cold start

Warm start

Rendering CSS

Rendering table

Script speed

Multiple images

History

IE 5.0

5.25 »

3.11

0.81

1.08

31

2.25

34

IE 6.0

6.99 »

1.77

1.32

1.33

60

2.32

32

IE 7.0 (beta 3)

7.80 »

2.40

2.13

1.47

36

2.47

39

Opera 6.03

3.74

1.66

0.75

0.72

64 »

2.94

15

Opera 7.54

4.90

2.40

0.86

1.19

19

1.87

21

Opera 8.0

3.66

2.38

0.92

1.17

13

1.78

15

Opera 9.01

2.47

2.24

0.84

1.08

13

1.44

8

Firefox 1.5

17.26

2.74

1.52

1.58

21

2.85

38

Firefox 2.0

11.64

3.05

1.71

1.62

22

2.03

48

Tabel perbandingan kecepatan (OS : Windows, dalam detik)

Dari ketiga tabel tersebut, Opera memang unggul di beberapa pekerjaan. Dalam hal kecepatan, Opera cukup bisa diandalkan.

Memory Usage

Dari pcmag.com, telah dites penggunaan memory dari browser-browser tersebut. Dilakukan pada komputer yang sama, dan operating system yang sama, dengan tanpa ada halaman yang dibuka, tanpa bookmark, dengan setting default, berikut

Firefox 2 Beta 1

42 K

Internet Explorer 7 Beta 3

24 K

Opera 9.0

53 K

Firefox 1.5.0.4

17.8 K

Internet Explorer 6.0

17 K

Kemudian dites penggunaan memory dengan beberapa tab dibuka, membuka halaman-halaman web yang sama. Hasilnya adalah sebagai berikut.

Firefox 2 Beta 1:

73K

Internet Explorer 7 Beta 3:

70K

Opera 9.0:

52K

Firefox 1.5.0.4:

56K

IE 6.0:

155K

Senin, 10 November, 2008 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: